Uji Coba Biodiesel 40% (B40) Tetap Dilakukan Melalui Dua Jenis Campuran

Jakarta, MinergyNews– Kendati per Februari 2023 penerapan campuran biodiesel berbasis ke minyak solar ditetapkan 35% (B35), namun persiapan implementasi B40 atau campuran biodiesel sawit 40% ke minyak solar tetap dilakukan.

Misalnya saja Uji Jalan (Road Test) B40 yang telah dilaunching Menteri ESDM pada 27 Juli 2022 lalu, merupakan rangkaian dari tahap akhir dari pengujian. Hasil uji ini nantinya digunakan sebagai dasar pertimbangan sebelum diterapkannya B40.

Pada uji jalan B40 ini, dilakukan pengujian pada dua jenis campuran bahan bakar B40 yakni, B30D10 dengan formula campuran 30% Biodiesel (B100*) ditambah 10% Diesel Nabati/Diesel Biohidrokarbon/HVO (D100) juga 60% Minyak Solar (B0), dan B40 dengan formula campuran 40% Biodiesel (B100*) ditambah 60% Minyak Solar (B0).

Direktur Bioenergi, Kementeria ESDM, Edi Wibowo, memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung upaya peningkatan pencampuran bahan bakar nabati jenis biodiesel ke dalam bahan bakar minyak jenis minyak solar menjadi di atas 30%, yaitu pengujian penggunaan B35 dan uji jalan B40.

“Kementerian ESDM terus berkomitmen untuk mendukung rencana implementasi B35 maupun B40, terima kasih atas dukungan dan upaya bersama semua pihak. Kami berharap bapak ibu semua terus berkontribusi dalam pengembangan BBN maupun energi baru terbarukan,” kata Edi.

Sebagai informasi, kegiatan Sosialisasi Implementasi Penggunaan B35 dan Hasil Kegiatan Uji Jalan (Road Test) B40 pada Kendaraan Bermesin Diesel merupakan upaya fasilitasi dan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga dan pemangku kepentingan terkait. Sosialisasi dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian/Lembaga, Badan Riset/Akademisi, Badan Usaha, Asosiasi dan perwakilan dari akademisi dan mahasiswa di sekitar Bandung. (Info sawit)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *