Tampilkan Hasil Karya Digital Media Design, LaSalle College Jakarta Gelar Pameran SUDUT PANDANG

Jakarta, MinergyNews– Mengawali bulan Juni 2023 yang menandai pertengahan tahun ini, LaSalle College Indonesia-Jakarta mengadakan pameran SUDUT PANDANG yang menampilkan karya-karya dari departemen graphic design dan game art design. Awalnya pameran ini direncanakan menampilkan karya-karya yang dibuat oleh para dosen dari kedua departemen tersebut di atas; dalam perkembangannya, keterlibatan diperluas sehingga pameran ini juga menampilkan karya-karya mahasiswa yang dikembangkan dari tugas di kelas.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh David Rafael Tandayu, ART Curator, DMD Teacher LaSalle College Jakarta, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (05/06/2023).

Menurut David, istilah SUDUT PANDANG sendiri sepertinya sudah umum diketahui, semisal sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari. Hal yang menarik adalah makna istilah tersebut ternyata tidak seumum bagaimana istilah tersebut digunakan; bahwa istilah SUDUT PANDANG terkait dengan sesuatu yang khusus. Berdasarkan pengertian tersebut di ataslah muatan pameran SUDUT PANDANG dibangun, khususnya terkait dengan bidang graphic design dan game art yang dalam pameran ini dipayungi dengan kategori digital media design.

“Demikian pameran SUDUT PANDANG berupaya menawarkan suatu eksplorasi, baik secara gagasan dan teknis; secara mendasar mengenai bagaimana bidang digital media design dapat diperlakukan secara kreatif. Adapun perihal eksplorasi dipandang relevan dengan konteks LaSalle College sebagai lembaga pendidikan; bahwa hasil dari upaya kreatif yang ditampilkan dalam pameran SUDUT PANDANG diharapkan dapat memperkaya khazanah pendidikan, berdasarkan pengertian bahwa perihal pengetahuan dan keilmuan selalu berpotensi untuk dikembangkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, David mengatakan, dengan mengetahui bahwa lembaga pendidikan adalah bagian dari lembaga sosial secara luas, maka karya-karya dalam pameran ini mengangkat tema-tema yang berlintasan antara eksperimentasi secara akademis dan keprofesian. Demikian bagi publik pengunjung pameran, pameran SUDUT PANDANG menawarkan suatu pengalaman juga pembelajaran, khususnya di bidang digital media design, dengan publik juga dapat mengikuti rangkaian acara talkshow dan workshop semisal tentang branding dan design making.

 

“Bahwa dari mempunyai sudut pandang sampai menghasilkan sebuah karya adalah rangkaian proses yang dalam konteks visual design melibatkan elemen semisal type dan image dan teknis yang mengacu pada prinsip-prinsip mendesain,” tutur David.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *