PLN Pasok Listrik 170 MVA ke Smelter Freeport

Jakarta, MinergyNews– PT PLN (Persero) memasok tambahan daya listrik ke PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik menjadi sebesar 170 Megavolt Ampere (MVA). Jadwal tambahan daya listrik ini tersedia lebih cepat pada 1 Juni 2024 dari jadwal sebelumnya yakni Desember 2024.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim), Agus Kuswardoyo, menjelaskan pengoperasian tahap keempat berkapasitas 170 MVA ini merupakan lanjutan dari pengoperasian tahap sebelumnya. Tahap pertama, PLN memasok 30 MVA pada September 2023 lalu, tahap kedua sebesar 60 MVA pada Februari 2024 dan tahap ketiga 110 MVA pada 1 April 2024.

“Kunci penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya pertumbuhan di sektor industri dalam negeri adalah kecukupan dan keandalan pasokan listrik. PLN siap mendukung penuh kebutuhan pasokan listrik PT Freeport Indonesia yang akan mulai beroperasi secara bertahap pada bulan Juni 2024 ini,” ujar Agus, Rabu (12/6).

Operasional smelter ini diharapkan akan menstimulus pertumbuhan industri-industri turunan yang lebih hilir. Hal ini akan menciptakan multiplier effect bagi pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Gresik dan Jawa Timur.

Terlebih, menurutnya, smelter adalah proyek strategis dalam hilirisasi industri mineral di Indonesia, sehingga PLN berkomitmen menyuplai listrik untuk PT Freeport Indonesia di KEK yang dioperasikan oleh PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera.

Chief Electrical Engineer Freeport Indonesia, Deeri Rahmat Setyawan, mengapresiasi kesigapan PLN dalam mempercepat penyambungan tambah daya listrik. Sehingga kebutuhan pasokan daya sebesar 170 MVA dapat sukses dipenuhi.

“Kami sangat mengapresiasi upaya PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik PT Freeport Indonesia sesuai periode tahapan yang disepakati, bahkan PLN mampu melayani dengan lebih cepat dari kesepakatan awal,” ujar Deeri.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *