Pertamina Lubricants Gandeng PDC Perkuat Bisnis Specialty Chemicals

Jakarta, MinergyNews– PT Pertamina Lubricants (PTPL) menggandeng PT Patra Drilling Contractor (PDC) untuk melakukan komersialisasi dan delivery produk specialty chemicals. Upaya meningkatkan pelayanan ini dituangkan dalam kontrak kerjasama Jasa Technical Services Assistance (TSA).

Kontrak kerja sama tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PTPL, Werry Prayogi, dengan Direktur Utama PDC, Faried Iskandar Dozyn, Senin (26/6) lalu. Kerja sama ini berlaku sampai tahun 2025.

Kerja sama ini mencangkup kebutuhan jasa TSA untuk produk-produk Speciality Chemicals di mana produk-produk tersebut merupakan hasil formulasi Research and Technology Innovation (RTI) Pertamina seperti produk Demulsifier (Pertadem), Corrosion inhibitor (Pertaguard), dan Pour point depressant (Pertaflow) dan produk lainnya.

PTPL, sebagai manufaktur speciality chemicals, akan terus memastikan bahwa produk yang diproduksi adalah dengan kualitas dan mutu terbaik. Di sisi lain, PDC akan melakukan komersialisasi dan delivery kepada konsumen dalam bentuk produk dengan jasa service untuk memberikan solusi operasi yang lengkap bagi konsumen, khususnya di industri minyak dan gas bumi (migas).

Kerja sama ini juga mencangkup kegiatan uji lapangan, troubleshooting, layanan purna jual dan hal-hal lain sehubungan dengan aplikasi Produk (Pertadem, Pertaguard, Pertaflow). Seluruh layanan tetap mengedepankan aspek kepuasan pelanggan dan QHSSE (Quality, Health, Safety, Security and Environmental) yang tinggi.

SVP Research & Technology Innovation Pertamina, Oki Muraza, mengaku optimis kerja sama ini akan menguatkan Pertamina dalam menggaet pasar baru, khususnya pasar produk specialty chemicals yang ceruk bisnisnya masih sangat besar. Tidak hanya di hulu dan hilir Pertamina yang bisa mencapai US$ 55 juta namun juga di luar Pertamina Group.

Hal senada juga disampaikan Werry. Malahan, dia menegaskan pentingnya kolaborasi dan sinergi dalam Pertamina Group untuk mendorong inovasi produk dan layanan yang optimal.

“PT Pertamina Lubricants dipercaya untuk mengkomersilkan produk-produk hasil Research Technology Innovation PT Pertamina (Persero) terutama produk specialty chemical untuk Oil Field Chemical dan beberapa produk tersebut akan lebih sempurna jika dikomersialkan bersama dengan jasa service, sehingga konsumen akan mendapatkan solusi lengkap. Oleh sebab itu hari ini kita berkomitmen untuk menjawab tantangan ini bersama Pertamina Patra Drilling Contractor,” ungkap Werry.

Pada kesempatan yang sama, Faried mengungkapkan sangat bangga bisa mendapat kepercayaan untuk bekerja sama dalam satu ikatan strategis ini.  Dia berharap, kerjasama ini akan terus berlanjut.

“Sebagian besar  services yang dilakukan PDC adalah untuk Pertamina grup, namun kami juga sudah mulai melakukan ekspansi keluar. Untuk PDSI skalanya sekitar 40 persen, Pertamina group sekitar 55 persen dan sisanya di luar Pertamina sekitar 5 persen,” ungkapnya.

Lebih lanjut Faried mengatakan PDC menjamin kepercayaan ini tidak akan sia-sia dan akan melakukan penjualan produk produk ini secara eksklusif.  Pertamina  group yang saat ini telah menggunakan produk chemical PDC diantaranya adalah Pertamina OSES, ONWJ dan Pertagas. Jadi masih terbuka kesempatan untuk dapat menjual produk  produk sejenis.

“Satu hal yang ditekankan PDC berkaitan dengan penjualan terhadap produk produk ini, yang  utama tentunya sinergi Pertamina Group. Meskipun demikian kami harus kompetitif secara komersial. Jika hal tersebut dapat dilakukan, saya yakin kerjasama ini bisa berjalan secara optimal dan maksimal,” tutupnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *