Jajaki Kerja Sama Fasilitas Sharing Migas di Asean, Ditjen Migas Berpartisipasi Aktif dalam Ascope Mid-Year Task Force Meeting 2024

BALI, MinergyNews– Ditjen Migas hadir dan berpartisipasi aktif dalam dalam rangkaian pertemuan ASCOPE 8th Mid-Year Task Force Meeting 2024 dengan tema “Enhancing ASEAN Energy Connectivity and Resilience”, yang berlangsung di Bali, 27-30 Mei 2024.

Pada pembukaan gelaran ASCOPE 8th Mid-Year Task Force Meeting 2024, Direktur Pembinaan Program Migas, Mirza Mahendra “menekankan perlunya menjajaki peluang kerja sama mengenai facilities sharing di sektor migas,“ Senin (27/8).

Selain itu, pentingnya kolaborasi dalam pengembangan interkonektivitas pada Trans ASEAN Gas Pipeline (TAGP) dalam mewujudkan ketahanan energi berkelanjutan dan mempercepat transisi energi di Asia Tenggara.

“Kami mengapresiasi ASCOPE dan negara-negara anggota ASEAN dalam mendukung perpanjangan MoU TAGP, mengingat pentingnya interkonektivitas gas bumi di ASEAN,” jelas Mirza.

ASCOPE merupakan organisasi yang beranggotakan perusahaan migas nasional dari seluruh negara anggota ASEAN dengan peran utamanya sebagai hub industri migas ASEAN. Setiap tahunnya ASCOPE menggelar rapat bersama yang dihadiri oleh seluruh anggota, dan tahun ini Pertamina mewakili Indonesia berkesempatan menjadi Tuan Rumah.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) Nicke Widyawati selaku Tuan Rumah, menekankan pentingnya kolaborasi, kerja sama, dan pertukaran ide antar negara-negara anggota ASEAN dalam menghadapi tantangan sektor energi saat ini. Lebih lanjut, Nicke menyoroti “pentingnya konektivitas dan ketahanan energi dalam mengatasi tiga isu strategis, yaitu ketahanan energi, aksesibilitas dan keterjangkauan energi, serta ketahanan lingkungan.”

Hal senada juga disampaikan oleh ASCOPE Secretary in Charge (ASIC) sebagai pimpinan administrasi ASCOPE yang saat ini dijabat oleh Dr. Tran Hong Nam dari Vietnam, di mana peningkatan kerja sama antar para pemangku kepentingan diperlukan dalam mendorong terwujudnya interkonektivitas terkait ketahanan energi yang berkelanjutan di kawasan Asia Tenggara.

Pertemuan dilanjutkan dengan pemaparan oleh CEO Rystad Energy, Mr. Jarand Rystad, dan Direktur Eksekutif ASEAN Center for Energy (ACE), Dr. Nuki Agya Utama, diikuti dengan diskusi antar para pemangku kepentingan.

ASCOPE 8th Mid-Year Task Force Meeting 2024 ini dihadiri lebih dari 150 peserta, dengan delegasi dari berbagai negara anggota ASEAN yang menjadi bagian dari ASCOPE. Acara ini diselenggarakan selama empat hari dengan agenda utamanya adalah task force meeting, business meeting, dan site visit Program CSR Pertamina.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *