ANTAM Bagikan Dividen 100 Persen

“Kontribusi dominan berasal dari penjualan bersih domestik yang sebesar Rp 35,37 triliun atau setara 86 persen dari total penjualan bersih Antam sepanjang tahun 2023,”  Direktur Utama ANTAM, Nico Kanter, usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 yang diselenggarakan ANTAM, Rabu (8/5).

Nico menjelaskan, ANTAM secara proaktif juga memperkuat basis pelanggan di dalam negeri pada produk-produk emas, bijih nikel dan bijih bauksit. Sepanjang tahun 2023, produk emas menjadi kontributor terbesar penjualan ANTAM dengan proporsi 64 persen terhadap total penjualan dengan nilai Rp 26,12 triliun.

Tahun 2023, ANTAM mencatatkan total volume produksi logam emas dari tambang sebesar 1,21 ton, sementara penjualan logam emas mencapai 26,13 ton. ANTAM konsisten mendorong strategi pengendalian biaya, serta optimalisasi kinerja produksi dan penjualan produk dari komoditas utama berbasis nikel, emas dan bauksit di tengah tantangan global yang mempengaruhi fluktuasi harga komoditas.

“Pada penyelenggaraan RUPS Tahunan ini, Perusahaan juga melakukan pembagian dividen sebagai komitmen dalam memberikan nilai tambah yang optimal bagi seluruh stakeholder. ANTAM berkomitmen tetap membukukan kinerja positif secara berkelanjutan,” paparnya.

Dalam RUPST, para pemegang saham menyetujui penetapan penggunaan laba bersih Tahun Buku 2023 yang dapat diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk Perusahaan sebagai dividen seluruhnya atau 100 persen, sebesar Rp 3,08 triliun.

Para pemegang saham juga menyetujui usulan keputusan dari MIND ID terkait Perubahan Susunan Pengurus Perseroan. Dalam RUPST ini, telah diberhentikan Elisabeth RT Siahaan sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko. Para pemegang saham juga setuju untuk mengangkat Arianto Sabtonugroho sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Dengan demikian, Susunan Pengurus Perseroan adalah sebagai berikut:

Dewan Komisaris:
Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen F.X. Sutijastoto
Komisaris Independen Gumilar Rusliwa Somantri
Komisaris Independen Anang Sri Kusuwardono
Komisaris Bambang Sunarwibowo
Komisaris Dilo Seno Widagdo

 

Direksi:
Direktur Utama Nicolas D. Kanter
Direktur Operasi dan Produksi Hartono
Direktur Pengembangan Usaha I Dewa Wirantaya
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Arianto Sabtonugroho
Direktur Sumber Daya Manusia Achmad Ardianto



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *