PEPC Luncurkan Program Kewirausahaan di Bojonegoro

Jakarta, MinergyNews–  Angka pengangguran di Kabupaten Bojonegoro yang masih tergolong tinggi bahkan terus meningkat setiap tahun, mem­buat PT Pertamina EP Cepu (PEPC) dan SKKMigas tergerak untuk mem­bantu menekan angka pengangguran dengan mem­berikan perhatian, wadah, dan solusi, salah satunya yakni, dengan meluncurkan program pelatihan kewirausahaan.

Program pelatihan kewira­usahaan ini merupakan kerja sama PEPC dengan Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kabu­paten Bojonegoro serta UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Bojonegoro. Peluncuran pro­gram tersebut dilakukan di aula UPT-BLK Bojonegoro pada Jumat (2/12). Program pelatihan kewirausahaan dibe­rikan kepada 75 peserta pemuda kecamatan Ngasem, Tam­bakrejo, Gayam, dan Purwosari.

Kepala Urusan Operasi Perwakilan SKKMigas wilayah Jabanusa Ahmad Farhan Abafi mengharapkan program pelatihan kewira­usahaan ini dapat benar-benar memberikan peru­bahan dan perbaikan kepada peser­ta agar jauh lebih teram­pil dan produktif. Ia juga mengapresiasi kontri­busi PEPC dalam upaya menga­dakan perubahan melalui peningkatan keterampilan masyarakat di sekitar wilayah operasinya.

Hal senada disampai­kan Kepala Bidang Disna­kertransos Provinsi Jawa Timur, Suhartoyo. “Saya sa­ngat berterima kasih pada PEPC dan SKKMigas yang telah bekerja sama dengan UPT BLK Bojonegoro dalam usaha mencetak tenaga kerja yang kompeten, mandiri, dan siap bersaing,” katanya seperti yang dilansir dari situs resmi Pertamina.

Dalam peluncuran pro­gram kewirausahaan ter­sebut, Edy Purnomo Public and Government Affairs Superintendent PEPC men­jelaskan program pelatihan kewira­usahaan yang berlang­sung dari 29 November 2016 hingga 16 Desember 2016 ini terbagi dalam be­be­rapa bidang seperti tek­nik sablon, pembuatan handycraft, pengolahan hasil pertanian, dan juga servis motor.

Edy Purnomo berha­rap adanya kegiatan ini  diharapkan dapat mem­persiapkan tenaga kerja lokal trampil sehingga bisa bersaing dengan tena­ga kerja yang berasal dari luar daerah.    (us)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *