2035, Universitas Pertamina Bertekad Jadi World Class University

Jakarta, MinergyNews–  Berdirinya Universitas Pertamina (UP) ini merupakan wujud kontribusi PT. Pertamina (Persero) kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi. UP didirikan dengan semangat menjadi perguruan tinggi berkelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi.

Hal tersebut seperti yang dikemukakan oleh Rektor Universitas Pertamina, Akhmaloka saat ditemui di acara Dies Natalis di kawasan Simprug, Jakarta, Sabtu (11/2).

Akhmaloka mengungkapkan, Universitas Pertamina didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016 yang diterbitkan pada 1 Februari 2016 tentang izin pendirikan Universitas Pertamina. Sementara, peresmian universitas dilakukan pada 11 Februari 2016 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidkan Tinggi dan Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) yang didukung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Ini sebetulnya acara dari kita untuk kita, refleksi satu tahun kita jalan satu tahun dari awal yang mahasiswanya belum ada,hingga saat ini. Tentunya kembali tadi kita semua menyampaikan ke masyarakat kami ada, kami jadi pemain di pendidikan tinggi, dan bersama-sama dengan teman-teman yang lain membangun bangsa dalam perguruan tinggi,” katanya.

Akhmaloka menjelaskan, dengan peta jalan yang telah disusun, UP akan menjadi universitas yang masuk dalam Peringkat Terbaik Dunia (Top World University). Targetnya tahun 2035, tapi dirinya bersama teman-teman di UP bertekad dalam waktu 10 tahun kedepan harus jadi world class univeristy. World clash dalam artian pendidikannya baik, tapi juga ada penelitian yang baik, serta mengabdi ke masyarakat.

“Untuk mencapai visi tersebut, UP akan memenuhi sejumlah kriteria. Pertama, menghasilkan para lulusan atau sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dan dapat menjadi global champion,” ujarnya.

Point yang kedua, Akhmaloka menambahkan,  UP akan menghasilkan produk penelitian dan inovasi yang berkualitas serta bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan dunia.

“UP juga ikut aktif dalam mendiseminasikan hasil-hasil penelitian dan inovasi tersebut ke masyarakat,” tuturnya.

Oleh karena itu, Akhmaloka menegaskan, UP bertekad untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan yang berkualitas dan terjangkau.

“UP menyediakan beasiswa bagi masyarakat yang berasal dari golongan ekonomi lemah dan/atau berprestasi secara akademik,” tandasnya.   (us)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *